Merak – Bogor – Merak

Setelah 3 tahun kerja di negri antah berantah, diselingi pulang kota tiap weekend <ato kalo ada libur>, dan balik lagi ke antah berantah setiap awal minggu, ternyata banyak hal di perjalanan yg bikin nyengir kalo diinget2 :
#1 awal2 gawe
gw masih menggunakan teknologi berjudul bis primajasa jurusan merak-kp.rambutan. di hari pertama pulang bogor, si kenek bilang bisnya lewat uki-cawang, eh tnyata hanya janji manis belaka. gw dan beberapa penumpang lain diturunin di pinggir jalan tol fly over di atas persimpangan mt haryono. dari situ harus menerobos pager <yg posisinya tuh hanya orang beriman yg bisa liat, plus kudu byr gope pula>. masalahnya setelah ampe bawah, gw loss orientasi, alias panik bo, kagak tau ada di mana uki nya. gw dah sempet jalan ke arah gd wika yg berlawanan arah dg uki, sampe ketemu dg polisi yg baik hati dan nunjukin dimana arah uki.. memalukan dah..
jumat berikutnya, gw nekad ngikut busnya ampe rambutan, eh pas di rambutan, tnyt gak ada bus jurusan bogor yg via tol. alamak.. o iya wktu itu bis2 bogor – cikarang, karawang masih ngetem d uki n gak masuk rambutan. endingnya sih gw tertolong dg bis bandung bogor yg mampir di rambutan..
Minggu berikutnya, gw naek prima, trn d pancoran dan lanjut naek 46. kejadian lg loss orientation di simpangan mt haryono.. kembali gw memilih jalur yg salah.. arah gd.wika lagi.. dan akhirnya gw menebalkan muka nanya ama sepasang muda mudi yg lg pacaran.. maapin aye ganggu, maklum lg panik bo..

#2 kebon nanas.. i love psk..
Akhirnya gw diperkenalkan dg rute merak-tangerang-bogor <thanks to my dad n pak ahyar>. minggu pertama selamat, karena pulang brg2, n ditunjukkin dg detail dimana jembatan yg harus gw sebrangin <thanks pa hendro>, eh berikutnya <jumat pertama nebeng pak haji>, penyakit hilang arah gw kambuh…

Jadi sebenernya mobil berhenti sebelum jembatan kb.nanas, so, gw seharusnya berjalan ke arah depan. eh, gw dg dudulnya malah berbalik arah, dan terus melangkah, sampe tiba2 sadar, kok jembatannya ilang?!? alhasil gw dg tengsinnya celingak celinguk nyari jembatan, dan begitu nengok ke belakang, eh jembatannya masih ada di tempatnya.. hehehe,diketawain deh… <yg waktu itu bareng gw,masih inget ga? hehe>

Pulang via tangerang tnyata lebih pewe, lebih ngirit, cepat, gak perlu nyambung angkot lg, dah sampe dpn komplek,, rekor tercepat adalah bulan puasa th 2007, dari pabrik jam 16.30, sampe rumah jam 20.00. ceritanya waktu itu tuh h-2 atau h-1 sblm lebaran, dan gw pulang dr pabrik cm be2 doang. d tikungan bojo ktmu ma grup petrochem dan pak lubis dari inti. akhirnya kita be5 naik taxi dg ongkos 10rb per org,, sampe kb.nanas jam 6,, walaupun di jalan sempet agak2 ngeri karena sopir taxinya <mengaku> ngantuk… Weleh weleh..

#3. The fact of psk..
Weits jgn curiga dulu, psk itu singkatan dr pusaka, salah satu merk bis 3/4 jurusan tangerang bogor. sebenernya si banyak juga bis 3/4 bermerk lain, tapi entah kenapa yg ngetop itu ya si psk ini. ada perdana jaya, alinda,batur salembur, dirgahayu..
Paling demen naik dirgahayu, soalnya diatas jam 7, doi langsung pulang ke poolnya yg di kemang ato tonjong, alias kagak sampe bogor.. <sebenernya si ampir semua bis 3/4 setelah jam 7 waktu indonesia bag.kb nanas, pasti ga sampe bogor, n mentok d parung>. kalo naek dirgahayu yg mau pulang ini, lumayan bisa nebeng gratis dari parung ampe kemang ato tonjong, dan darisitu tinggal nyambung angkot ke dpn komplek dg harga yg lebih ngirit.. enaknya lagi, dirgahayu ini kalo dah mau pulang kagak ngetem lama2, jadi relatif lebih cepet lah.. kalo si psk mah ampun2 maniak ngetem banged dah…

#4. emang enak…
Masih tentang psk dkk,, mereka itu hobi bgt ngetem di stasiun serpong.. jadi mereka nunggu penumpang yg trn dr kereta. kalo lagi lupa daratan, tuh bis2 bisa ngetem lebih dr 15 menit, pokoknya ampe ada kereta dateng dah.. gw paling demen banget kalo dah lama ngetem, ternyata yg dateng bukan kereta penumpang, tapi kereta babaranjang 18 gerbong, emang enak!!

#5. anda nyolot, saya.. takut..
Bulan februari 2008, banjir besar melanda jakarta.. gw pulang telat dr cilegon krn ada makan2 dept. qa. sampe kb.nanas sekitar jam stengah 9, dan langsung naik bis yg ngetem. tnyata gw ndirian doang. trus ada seorg pengamen dg gaya anak punk naek, n ngamen,, eh bukan dnk,, baca puisi tentang soeharto.. trus gw cuekin aja, eh dia nyolot, n ngancem mau nonjok gw <katanya untung gw cewek,coba kalo cowok pasti dah ditonjok>. gw entah knapa saat itu gak merasa takut, malah gw pelototin tuh orang.. akhirnya dia turun.. sesudahnya rasa takut gw baru muncul.. asli lah, kalo tadi dia berbuat anarkis gimana nasib gw ya?

#6. maap, bang,, aye kan kagak tau…
Namanya anak baru,bisanya ngintilin para senior2 tangerang doang. bgitu berangkat ndirian jadiny keder bin sotoy d.. kejadiannya hari minggu malam, ceritanya mau balik dr bogor ke cilegon.. o iy, gw pake baju bebas.. dari kb.nanas, gw naik murni. gw dah nyiapin ongkos,lima lembar uang seribuan yg digulung2 <mengikuti petuah senior>, trus gw kasih ke keneknya. keneknya ngomel2 n minta ditambah goceng lagi. gw ga mau kalah n tetep keukeuh.. dan akhirnya gw tak mampu bertahan lagi,, nambah goceng deh… walaupun dg unek2 di hati. biasanya kan byr goceng, kok skarang ceban.. besoknya gw curhat ke salah satu senior. hasil analisa doi adalah : gw kudu bayar ceban karena ga pake seragam.. goceng itu adalah tarif khusus kalo pake seragam.. hoo, begitu toh.. maap bang, aye kan anak baru..

Kesotoyan berikutnya terjadi beberapa bulan yg lalu. Hari sabtu, pulang piket, sendirian.. niatnya mau naik cahaya, jadi nunggu di tikungan bojo.. tapi hingga matahari terbenam, cahaya tak kunjung datang.. untungnya, setengah jam kemudian muncul grand master. gw dg pedenya bayar dg tarif cahaya, padahal grand master khan dah pake ac.. pas bayar, keneknya diam cukup lama dan ngeliatin gw.. gw ga berani bales liat.. serem bo.. tapi dia gak ngomong sepatah katapun.. dan kemudian beranjak pergi.. hari seninya gw br sadar kesalahan gw.. maap, bang,, anak baru naek grand master niy.. bang, saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi..

#7. tolong…saya tersesat..
mungkin agak kurang tepat kalo dibilang tersesat,, mungkin tepatnya : kurang pengetahuan <hehehe..>
hari jumat di bulan mei 08, hari kejepit nasional.. dari dpan RS.Harapan Kita, gw naik bis alinda jurusan sukabumi merak, non ac.. dalam hati senang soalnya bisa ngirit.. baru saja memejamkan mata untuk hibernasi, tiba2 gw merasakan kejanggalan : bisnya belok! gw membuka mata, dan awalnya mengira, ah paling ni bis muter doang di tangerang. tapi begitu nyawa terkumpul semua, gw baru sadar, ini di bitung, bukan tangerang!! tapi gw masih optimis aja, paling muter doang.. eh ternyata, bisnya kagak muter! dia ngambil jalur biasa bitung-cikupa-balaraja! hasrat tidur gw lenyap terlempar keluar bis! bisnya menyusuri kawasan industri <kagak tau dah namanya apa>, trus ampe lewat citra raya,, asli lah,panik mode on,, gw mau dibawa kmana.. dah gt isi bisnya cuma 5 orang. kalo dioper di tengah jalan gmana ni.. trus gw ampe pabrik jam brapa.. tidak!!
Ditengah kepanikan, gw telp.rumah, eh yg di rumah malah ikut panik. trus gw sms pak ahyar, dan baru tau bis ini bakal masuk tol di balaraja barat.. gw br bisa tenang setelah melihat gerbang tol balaraja barat.. sampe di pabrik jam 10..mantap..

#8. the last

Kejadiannya bulan puasa th 2008. waktu itu entah kenapa para senior kompak bgt kagak pulang, ada yg lembur,cada yg buka puasa. intinya gw pulang sendirian.. di tikungan bojo ketemulah dg gank petrochem.. kita brg2 ke serang, dan naik murmi brg2 pula.. waktu itu di balaraja, murni masih bisa ngetem di puteran lampu merah. jadi biasanya, kita trn di pintu tol untuk ganti bis lain yg gak ngetem.. dan waktu itu, gw dg pedenya mau turun di pintu tol.. eh,tapi kok sendirian doang ya? gank petrochem kok gak pada turun ya? karena ga ada yg turun, gw pun gak jadi turun. bapak yg di sebelah gw bilang : udah, mbak, ga usah turun,, mesem2 deh aye..
TERNYATA, bisnya emang gak ngetem,t api dia terus lewat jalan biasa.. panik deh, kayaknya gw bakal nyampe rumah besok nih,,, mau nanya ke bapak petrochem, tapi kok malu ya.. alhasil, cuma pasrah sambil harap2 cemas.. untungnya, ternyata itu bis keluar di balaraja timur… fyuh.. leganya,,, hampir saja… itulah akibat kurang pengetahuan.. hehe.. udah bego, malu nanya pula.. lengkap!

Udahan dulu ah.. ngantuk..


28 thoughts on “Merak – Bogor – Merak

  1. cc, bisa tolong dijelasin lebih rinci ga kalo mw dari merak k bogor itu gimana caranya? turun dimana+ganti angkutan apa gitu,,soalnya saya jg ngerasain mw pulang k bogor lewat kampung rambutan ternyata udah ga ada bisnya kalo malem T-T

    1. Kalau aku sih begini :
      Dari Merak/ Cilegon naik bus bhinekka yang jurusan merak-cirebon, bis ini adanya satu jam sekali, tapi dia stand by di terminal merak. jadi yang satu pergi, yang berikutnya langsung ngetem. Bus ini akan keluar di balaraja barat. tepat setelahpintu tol balaraja barat, langsung turun dan nyebrang (nyebrang dekat pintu tol). Ongkosnya 4ribu (kalau pakai seragam pabrik), terus dari situ naik bus yang ke kalideres (murni atau asli prima, apa aja yang kali deres), turun di kebun nanas, ongkosnya 4 ribu.
      Di kebun nanas, turun tepat di bawah jembatan penyebrangan (keneknya pasti teriak bon nanas.. bon nanas,,,, nyebrang deh lewat jembatan itu, trus naik bus 3/4 yang jurusan tangerang-parung -bogor (lewatin BSD), mereknya pusaka, perdana, alinda, dirgahayu, batur salembur. Ongkos sampai terminal bogor 12 ribu. Kalau masih dibawah jam 8 (di parung), biasanya langsung ke bogor, tapi kalau udah malam, biasanya dioper di parung. Kalau cuma sampai parung cukup bayar 6 rb saja.
      O iya, naik bus 3/4 ini punya kelemahan, yaitu ngetemnya agak lama (di kb,nanas, gading serpong, stasiun serpong dan parung), selain itu, jalannya banyak yang rusak, jadi agak goyang inul gitu deh… estimasi waktunya sekitar 3 jam dari tangerang ke bogor.

      ALternatif 2 : dari merak/ cilegon, naik bus yang ke serang timur. Di serang timur (ojek) nyebrang, jalan ke arah RS Sari asih, atau bisa juga turunnya di patung (patung pencak silat), dan nyebrang ke arah jalan yang letaknya lebih rendah, dari situ nyambung bus yang kali deres, turun di kebun nanas (ongkos 7 rb pakai seragam, kalau tidak pakai seragam biasanya 10-12 rb) , dan nyambung 3/4 ke bogor.

      atau, dari serang timur naik elf warna biru, jurusan serang-grogol, turun di tomang, nyebrang di kolong fly over, trus naik P02A (jurusan kali deres – kp. rambutan), turun di stasiun cawang, trus naik kereta deh ke bogor.

      kalau gak mau naik bus 3/4 dari tangerang, bisa juga di kebun nanas naik P 77 jurusan cimone-senen, turun di slipi, dari situ naik P02 A sampai stasiun cawang.

      semoga berguna…

  2. Wah, mantap skali ini informasinya @_@. Makasih banyak ya cc😀 Saatnya berpetualang bersama bis akhir minggu ini, hehe. Saya biasanya c brangkat dari damkar cilegon skitar jam stengah 6 sore, kalo ga salah ad bis yg langsung k kali deres deh dari sana, nanti coba saya cek lewat kbon nanas atw ngga. Skali lagi trima kasih bnyak ya cc :”> (izin sdikit dibookmark dlu blognya ya :p)

    1. Iya, ada bus yg langsung kali deres, dia pasti lewat dan nurunin penumpang di kb.nanas. Biasanya kalau naik yg langsung, waktu tempuhnya agak lama coz dia ngetem dulu di terminal pakupatan serang.. Ok, take care yaa.. ^^

      On Tue May 10th, 2011 6:29 AM EDT

    1. Ada kok… arimbi gitu…tapi cuma sejam sekali.. di terminal serang terakhitr jam lima sore kira2…. terima kasih buat ngakaknya…. hehehe.. semoga bisa menemukan si arimbi yee…

  3. ada kok. naik bis arimbi aja. naik dari terminal merak ada, dari terminal pakupatan serang juga ada.
    ongkosnya 45.000.
    adanya tiap jam 06.30 pagi, 08.00 pagi, 10.30 pagi, 13.30 siang, sama yang terakhir jam 15.30 sore…
    semoga infonya bermanfaat..

    1. Halo, Shinta..
      kalau dari BSD, naik angkot yang ke kebun nanas, lalu turun di bawah jembatan penyebrangan kebun nanas (dekat sate tegal ibu rita, atau pabrik batere Yuasa, dari situ, nyebrang jembatan, n tunggu aja bus2 tujuan merak (arimbi atau bima suci), terus turun di terminal bayangan cilegon timur (biasanya keneknya akan bilang : PCI, PCI…), dari situ naik angkot ungu (tanya dulu lewat simpang gak? kalo iya, langsung naik), nanti turun di depan mayofield mal (supermal/hypermart), nyambung naik angkot warna silver (angkot itu jurusan anyer), bilang aja mau ke cigading/ ciwandan. semoga membantu
      PS : di jalan raya anyer sedang ada pembetonan jalan, jadi muacet banget… trus, biasanya sebelum ke cilegon, bus2 akan ngetem di terminal serang, sekitar 15-30 menit, jadi sediakan spare time agak banyak (sekitar 3 jam dari tangerang-cilegon kota, sedangkan cilegon kota ke ciwandan itu gak bisa diprediksi, karena macetnya suka parah…). terus kalau kamu sampai di cilegon timur diatas jam 9 malam, gak usah turun dari bus, lanjut aja, karena bus masuk kota cilegon, n turun di depan mal mayofield (supermal/hypermart).
      titi dj yaaa….

    1. Ada,mas… kalau dari serpong (eh serpong mana ya?) Naik angkot kijang hijau (yg lewat stasiun serpong itu), sampai kebun nanas (kolong jembatan kebun nanas yg deket sate tegal ibu rita). Terus nyebrang lewat jembatan. Nah tunggu aja bus2 arimbi yg warna hijau jurusan merak. Untuk yg seat 2-2 harganya 20ribu. Kalo yg 2-3 harganya 18rbu. Nanti dia akan keluar di serang timur n ngetem di terminal pakupatan. Jangan turun, tungguin aja. Nanti dia akan masuk tol lagi dan akan keluar lagi di cilegon timur. Kalau sampai cilegon timur sebelum jam 9 malam, mas harus naik angkot ungu dari terminal bayangan ke kota cilegon. Sedangkan kalau sampai di cilegon timur setelah jam 9 malam, busnya bisa masuk kota cilegon, jadi ga usah turun di terminal bayangan.. btw Cilegonnya mana niy? Kalau daerahnya di damkar, komplek KIEC (cilegon barat) dan masih siang (sebelum jam 9 malam), jangan turun di cilegon timur, nant busnya akan masuk tol lagi, dan keluar di cilegon barat (damkar). Tapi kalo dah jam 9, duduk aja di bus, nanti juga akan lewat damkar…

  4. boleh tanya kalo dari kalideres ke cilegon naik arimbi, akan melewati supermall cilegon ga ya? lalu kalau dari cilegon balik ke kalideres, paling malam ada bus apa dan jam brapa? terima kasih.

    1. Kalau di terminal cileGon sdh jam 9 malam,bus akan masuk kota cileGon, dan melewati supermal. tapi kalau msh siang nggak akan lewat, jadi harus nyambung angkot ungu dr terminal seruni.. Kalo ke kali deres sepertinya sampai jam 11 masih ada deh… cuma agak lama… kalo susah,mending ke terminal serang dulu, dari serang bisa naik yg kaki deres dari labuan.

  5. Halo, Mbak Atikah… Mbak, psk dkk endingnya di terminal baranangsiang…tapi kalai sdh sore (dr tangerang diatas jam 6), biasanya cuma sampai parung, jadi harua nyambung2 angkot… kalau masih siang biasanya dia langsung baranangsiang via jalur bsd-muncul-prumpung-parung-salabenda-jalan baru-warung jambu-pajajaran…kalaupun hanya sampai parung, di parung akan dioper ke bus lain… tapi,mbak…akhir2 ini jalan raya bsd-prumpung-parung lagi rusak berat, jadinya macet banget…kalau pagi ajah, jam setengah 6 dr tangerang bisa sampai bogor (jalan baru cimanggu) jam 9an… jadi kalau menurutku sampai jalannya bener lagi, mending pakai agra via tol mbak.

  6. Mau tannya nih gan,,,,,kalo dr cilegon ke stasiun cawang rutenta gimana yak,,,,,klo ane naik bus dr cilegonye ?? Trmksh,,,,,

    1. Kalau saya biasanya naik bus jurusan kampung rambutan/bekasi/tj priok/pulo gadung dr terminal seruni,pokoknya yang keluar di kebon jeruk. Nah dr kb jeruk naik bis yg lewat slipi, maap lupa nomornya. Terus turun aja di depan RS Harapan Kita atau depan Wisma BCA, naik deh busway, turun di halte Cikoko Stasiun Cawang.

      1. Bus apa? Yg 3/4 itu? Kalau dr Bogor sekitar jam 4.30 udah ada. Tapi biasanya mereka pada ngetem di Parung. Mending ngangkot dulu ke parung. Kalau jam 5 dr parung bisa sampe kebun nanas paling cepet jam 7. Jalanannya rusak jadi macet.

    1. Dari kali deres naik arimbi jurusan merak. Kalau setelah jam 9 malam, busnya masuk kota cilegon, bisa turun langsung dpan hypermart. Tapi kalau masih siang, turun di cilegon timur (pas keneknya teriak bilang cilegon, ramayana dsb…dsb). Lalu naik angkot ungu yg ke simpang. Turun depan hypermart (dulu namanya mayofield)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s