sekarang atau 50 tahun lagi

Kurang lebih 4 tahun yng lalu, tepatnya pada awal september 2006, aku mendapatkan sebuah kabar duka, ibu dari salah seorang temanku terkena stroke, dan akhirnya Tuhan memanggil beliau pulang ke rumahNya.
Ibu temanku itu disemayamkan di salah satu rumah duka di daerah cikini. ketika aku dan teman2 melayat kesana, ada seorang ibu yang sangat ramah dan begitu memperhatikan kami. beliau pun mengurus segala hal untuk ibadat, memperhatikan tamu2 yg datang, menyiapkan acara penguburan,dan segala tetek bengek. kami kira, beliau adalah salah satu anggota keluarga teman kami itu. tapi dugaan kami itu salah, ibu itu adalah sahabat dari almh ibu teman kami.
Keesokan harinya adalah hari penguburan. aku dan seorang sahabatku ikut mengantar dari rumah duka.. dan ibu itu menawarkan kami berdua ikut di mobilnya.
Sepanjang jalan, kami berdua dikejutkan oleh cerita ibu itu. ternyata ibu temanku dan beliau sudah bersahabat sejak masih duduk di bangku smp, dan tahun itu adalah tahun ke-50 persahabatan mereka..
50 tahun? kami ternganga.. ya, mereka tetap bersahabat meskipun masing2 sudah punya kesibukan dan keluarga sendiri. hingga usia mereka yg sudah tak muda lagi, bahkan akhirnya salah satu harus “pergi duluan”, mereka tetap menjaga persahabatan itu..
50 tahun bukan waktu yang singkat untuk menjaga persahabatan.. dan bukan hal yg mudah juga.. ulang tahun persahabatan mungkin tak dirayakan seperti ulang tahun kelahiran atau ulang tahun perkawinan. karena kita tak tahu kapan tepatnya atau bagaimana persahabatan kita bermula, tapi persahabatan adalah berkat dalam hidup yang tak ternilai harganya..
Ibu itu memberi pesan pada aku dan temanku : “semoga kalian juga bisa menjaga persahabatan kalian hingga maut memisahkan..”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s