Si Bolot….

maaf niy, judulnya agak2 gak sopan…

bukan maksud nyidir atau ngeledek… si bolot adalah seekor kucing yang beberapa tahun terahir ini sering nongkrong di depan rumah kami… yah nggak sekedar nongkrong sih, tapi makan, bergaya (saking gayanya yang aneh2, kami sering motret si bolot ini), makan (dan nongol di jendela dapur kalo si mami lagi masak…), dan tidur (gaya tidurnyan juga kadang aneh bin ajaib deh…)

ap yang istimewa dari si bolot? yang pertama, ekornya pendek banget, bentuknya juga antik, kayak kembang yang baru mekar. jadi sebenernya nama lengkap si bolot ini adalah kembang bolot… gara2 ekornya yang kayak kembang gitu… (maklum kami serumah memang kreatif kalo ngasih nama binatang….)

yang kedua, so bolot ini anti banget dipegng manusia, kalo ada yang berhasil noel dia, reaksinya persis kayak orang (eh kucing) kesetrum… jadi dia selalu menjaga jarak dengan kami, walaupun sudah bertahun-tahun “hidup bersama”. Sering kami berusaha memancing si bolot dengan menyodorkan makanan dari tangan kami, biasanya kalau sudah begini barulah si bolot mau agak mendekat, dan kadang menggenggam jari kami, untuk meraih makanannya. cuma definisi “menggenggam” dia adalah mencakar dalam versi manusia…. yang ketiga, dia ini kalo dilempar makanan, kelakuannya suka bolot, makanannya dilempar kemana, dia nyarinya kemana…. jadilah namanya si kembang bolot….

 

o iya, ada juga keanehannya yang lain. si bolot ini nggak bisa mengeong kayak kucing lain… sekalinya dia “bunyi” bunyinya cuma kayak orang yang lagi radang tenggorokan berusaha ngomong…. hihihi…. wajah sangar kayak harimau, badan kekar banget, tapi begitu bunyi…. hilanglah wibawanya….. (sorry, Lot….)

 

selama nongkrong di rumah kami, dia ga pernah terlihat menggebet kucing betina, o iya, si bolot ini kucing jantan… walaupun akhrnya dia menemukan pasangan hidupnya dengan cara yang ajaib pula… jadi, beberapa bulan yang lalu, muncul seekor kucing betina baru di komplek, trus lucunya kucing betina ini selalu ada di “two steps behind” si bolot, alias dia yang ngejar-ngejar si bolot…. (agresif betul, mbak…. untung kucing, kalo gak udah ngalahin majikan si bolot aja agresifnya.,,,)

 

nggak berapa lama, si kucing betina yang kami beri nama si emak ini hamil… pasti pelakunya si bolot…. si emak melahirkan dan anaknya dititip di rumah kami. anaknya ada dua ekor, satu jantan warnanya abu-abu kayak si bolot, yang satu betina berwarna kuning. si emak dapet ultimatum dari mami : boleh numpang disini asal jangan jorok…. (hehehe… kayak ngerti aja kucingnya,….), tapi bener juga sih, selama numpang, keluarga kucing ini gak jorok2 amat… nah yang lucunya selama masa itu, si bolot selalu menunggui anak dan istrinya itu (nah, bener kan dia bapaknya….ayo jadi bapak yang bertanggung jawab yaaa,,,,).

 

tak lama kemudian, si emak membawa kedua anaknya pergi, pindah ke rumah tetangga…. setelah mereka pindah, si bolot pun hampir tak pernah mampir ke rumah kami… (hiks…sempet mikir jangan-jangan doi mati…).

si emak ini menyusui kedua anaknya cukup lama juga. biasanya kucing gak pernah lama menyusui anaknya. tapi ini sampe anak2nya lumayan gede, bisa mondar mandir kesana kemari, si emak masih aja nyusuin anaknya… cukup aneh… mungkin menghindari ada cowok lain yang naksir dia kali ya?

 

beberapam minggu yang lalu, kami memergoki si bolot sedang berburu di jalanan lain di komplek kami, syukurlah dia masih hidup… mungkin dia sengaja pindah area untuk menghindari persaingan pencarian makan dengan anak2nya… (begitu analisa papi…) betul juga sih kalo dia masih berkeliaran di jalanan kami, pasti anak2nya lebih susah dapat makan, mengingat bokap kucing kan gak pernah memberi makan anaknya…. ternyata si bolot ini bijak juga ya….

 

seminggu terakhir, anak2nya si emak dan si bolot, jai penghuni baru rumah kami. si abu-abu kami beri nama si unyil, dan si kuning kami beri nama si kuning (akhinya kagak kreatif juga deh….)… si kuning kelakuannya persis si bolot, kagak mau disentuh. tapi si unyil malah nemplok abis sama kami… si emak sepertinya sudah berhenti menyusui anak2nya itu,,,walau kadang masih sering nongol juga di sekitar sini….

 

dan si bolot,,,, sepertinya sudah membulatkan hatinya untuk menjadi perantau….yah,,,gud luck ya, Lot…. we’ll miss you always….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s