Toms

kenangan masa lalu bagaikan lembaran foto yang telah menguning…

dan ingatan kita adalah albumnya…

kita hanya bisa membuka album itu,,

dan memandang kembali foto-foto di dalamnya,,,

tersenyum,,, mungkin menangis melihatnya…

tapi tak bisa lagi kembali ke masa ketika foto itu dibuat…

andaikan aku bisa mengatur peredaran waktu sesuka hatiku,

ingin sekali aku kembali ke masa itu,

sepuluh tahun yang lalu,

ketika hidup terasa dipenuhi warna-warna cerah.

masa itu bukan suatu masa yang mudah untukku,

masa ketika aku menapaki tahapan baru dalam hidupku,

dengan segala hal yang semuanya baru,

namun kau membuatku kuat menghadapinya,

kau buat aku begitu bersemangat, begitu optimis,

dan aku akhirnya bisa membuat sesuatu yang besar dalam hidupku…

saat itu bukan saat dimana mentari selalu bersinar cerah bagiku,

tapi seringkali awan mendung dan hujan menghambat langkahku…

tapi kau ada di situ, menjadi tempatku berteduh,

menjadi tempat berpegangan ketika angin berhembus terlalu kencang…

setiap pagi, kau ada di sana,

melambaikan tanganmu dan memberikan semangat,,

membuatku tersenyum menghadapi hari yang baru dalam hidupku…

setiap pagi,,,

hingga akhirnya tak ada lagi pagi-pagi seperti itu…

dulu aku tak mengerti,

sebuah pepatah mengatakan,

segala hubungan itu bagaikan meletakkan segenggam pasir di telapak tangan..

ketika kau menutup tanganmu dan menggenggamnya erat-erat,

butiran pasir itu akan keluar dari celah-celah tanganmu,

namun bila kau membuka tanganmu, butiran pasir itu akan tetap ada di telapak tanganmu..

ya, ketika itu, aku begitu takut kehilanganmu,,,

aku menutup tanganku, menahan dirimu sekuat tenaga,,

namun kau semakin menjauh,,,

ketika aku tersadar,

dan membuka tanganku,,

kau betul-betul sudah terbang jauh,,

tak tergapai lagi…

matahari tetap bersinar,

hidup kita terus berjalan,

kini aku hanya bisa melihatmu dari kejauhan,,,

tersenyum melihat kebahagiaanmu,,,

tak berani menatap wajahmu lagi..

dan tak sanggup menyapamu..

kini,

setelah kau terbang begitu tinggi…

ada banyak orang yang menjadi sahabatmu..

ada banyak orang yang memperhatikanmu..

dan ada banyak orang yang butuh perhatianmu..

kita sudah berubah…

bukan kita yang dulu lagi…

kisah kita masa itu…

sudah menjadi lembaran foto yang menguning…

sudah lapuk dan kumal…

karena foto itu sering sekali kusentuh dan kupegang,,

memandangnya… lagi dan lagi…

ketika aku begitu merindukan masa itu,,,


Leave a Reply

