PPD 46… Kenanganku bersamanya…

Semua berawal pada tahun 2003, sekitar bulan Juni atau Juli. Waktu itu aku sedang kebingungan mencari perguruan tinggi setelah ditolak PMDK di IPB. Kesialan belum berhenti disitu, aku kehabisan formulir pendaftaran Unika Atmajaya di Bogor, dan harus ke Jakarta. Oh God…

Akhirnya direcanakanlah perjalanan ke Sudirman… Untung punya bokap yang hapal jalan di Jakarta. Kami naik KRL Ekonomi ke stasiun Manggarai, karena konon katanya…ada krl yang rutenya tanah abang-manggarai-kota… Eh ternyata kagak ada…. alhasil kami naik kereta balik ke cawang. dan turun di sana. Menyusuri kolong jalan MT Haryono, lewat samping rel yang dulu belum dibatasi pagar, trus naik ke atas. Pada intinya : seram…

Di atas stasiun Cawang itulah awal perkenalanku dengan bus 46, yang dulu masih bentuknya bis kota biasa (sekarang kan bentuknya bus jepang gitu….). Yang pertama aku kenali adalah : bus ini jurusan grogol. Isinya padat banget. Dan mengerikan (maklum jakarta terkenal dengan kehidupan yang kejam…).
Pelajaran berikutnya adalah : nanti turunlah di Komdak (keneknya pasti teriak Komdak…Komdak…), naik jembatan, nyusurin jalan Sudirman, dan sampailah di Atmajaya.
Tapi ternyata bus 46 masih memberikan pelajaran tambahan : hati-hati copet… Bokap gw hampir aja dicopet. Tangannya tuh copet udah masuk ke kantong bokap, dimana disitulah uang untuk beli formulir tersimpan, dan tidak ada cadangannya…). Untung bokap gw sigap… pas bokap sadar hampir dicopet, dia terus megangin kantong (plus tangan pencopet itu). Sampai turun, dan akhirnya sang copet menyerah. Coba kalau uangnya dicopet, gimana gw bisa beli formulir…. Akhirnya gw diwanti-wanti ama bokap : dilarang berdiri dekat pintu… rawan kecelakaan dan rawan copet.. OK, dad….

Pas pulang, kami naik lagi 46, karena udah pasti lewat stasin cawang (walaupun sebernya bisa naik bis lain, pokoknya yang tujuan Halim dan lewat Stasiun Cawang, tapi kami sangatlah berjodoh dengan 46). Hari itu aku menghafal dimana aku harus turun (kalo mau ke kampus, patokannya teriakan si kenek, dan pas pulang,patokannya adalah dealer ford di sebelah stasiun cawang, trus di seberangnya ada menara saidah yang warnanya hijau ngejreng).
Akhirnya 46 benar2 membekas di hati….

Perjumpaan berikutnya dengan 46 adalah ketika aku diterima di Atmajaya dan harus mengurus berkas2nya. Aku pergi dengan sahabatku. Berdua saja dari Bogor. Dan kami berdua sama-sama buta jalan. Gw cuma tau lajur samping rel cawang, lewat terowongan, naik tangga, trus naik 46 yang ngetem di atas stasiun. Trus dah gitu pasang kuping, dengerin kapan keneknya teriak Komdak.. Komdak…
Kami tiba dengan selamat di kampus Atmajaya. Eh, pulangnya, kami sempet kelewatan turun (dikit doang sih…), akhirnya harus menloncati pembatas jalan MT Haryono, dan nyebrang jalan itu yang super duper rame… Bener2 kayak anak hilang… Untung bisa pulang dengan selamat sampai Bogor.

Ternyata… Aku keterima di UI. Walaupun separuh hati masih ketinggalan di Atmajaya… hehehe…. Awal 2004, aku bermaksud nostalgia ke sana. Niatnya sapa tahu bisa ketemu teman2 lama di sana. Aku dengan pedenya naik KRL ke Cawang, trus naik 46. Pas ngeliat crowne plaza, aku pede banget aku udah sampai di Atma, dan aku turun dari bis… Ternyata, aku turun di kantor pajak, satu halte sebelum komdak. Alhasil dengan begonya, jalan kaki di tengah terik dan debu jakarta.. kayaknya waktu itu belum ada Balai Sarbini deh, jadinya belum ada patokan yang eye catching….
Untung kebodohan itu gak terulang pas pulang, soalnya sepanjang perjalanan gak berhenti-berhentinya aku melongok keluar jendela. Mencari dealer Ford…. hehehe….soalnya masih buta arah booo…. O iya waktu itu 46 sudah berganti wajah jadi bus jepang yang sangat pewe….

46… bis pertama yang aku naiki, bis pertama yang mengajarkanku tentang Jakarta… Saksi bisu perjalanan hidupku.. Saksi bisu kebingunganku… dan saksi bisu kesotoyanku (baca : udah gak tau jalan, masih gak mau nanya….)

Sejak masa-masa itu, 46 selalu jadi andalan. Mau kemanapun di Jakarta, favoritku adalah naik KRL sampai Cawang dan lanjut 46, selanjutnya baru mikir lagi harus nyambung apa,,,, Begitu juga kalau ditanya orang mengenai rute di Jakarta, sebisa mungkin aku mengarahkan ke rute 46… hehehe, ketauan ilmunya cuma sebatas 46 doang….

Naik 46 buat dateng Natalan bersama di Sarbini (tahun 2005), demi ngeliat Ello…. asli Ello emang keren… ups gak nyambung ya ama temanya….
Naik 46 buat nonton basket di Senayan… dan pulang dari Senayan… untungnya 46 stand by 24 jam… Jadi pulang dari Senayan jam 8 malem pun masih dapet 46…
Naik 46 ke nikahan temen di Manggala n Kemanggisan…
Naik 46 untuk tes kerja di slipi jaya, eh gw malah turun di Seng,,, terpaksa jalan lagi deh ke Slipi Jaya…
Naik 46 buat interview kerja….
Naik 46 pas dari RS Medistra (n mampir ke ex Kedubes Korea)….
Naik 46 pas dapet gaji pertama…
Naik 46 pas dapet tebengan dari Cilegon-Sudirman…
Naik 46 pas pulang dari ngelayat di Tangerang…
Naik 46 buat nostalgia….
Naik 46…. dan naik 46….
Berkali-kali nyasar di Grogol, selalu loss orientation disini…
Nyegat 46 dari depan Untar…. (loncat pembatas pagar lagi euy….)
Pernah dapet 46 yang asli lah reot banget, trus mogok deket Manggala…. berasep2… mana lagi ngejar waktu mau ke nikahan temen pula….
Naik 46 sambil celingak celinguk supaya stasiun Cawangnya gak kelewat…. (dan untungnya sampai hari ini belum pernah kebabalasan).
Pertama naik 46 sampai sekarang, ongkosnya tetap Rp. 2000… murah meriah, dan puas… apalagi kalo dapet duduk…

Waktu mengubah segalanya, Stasiun Cawang yang dulu gak keliatan, sekarang sudah berbenah dan jadi eye catching… jadi dijamin gak nyasar…. tapi tetep kudu pasang kuping…

Dan waktu mengubah kebijakan yang ada… sejak ada busway koridor 9, trayek 46 dihapus…
Akhirnya kini 46 tinggal kenangan…
Semoga waktu juga mengubah hati para pembuat kebijakan…. supaya 46 dihidupkan lagi, supaya gak ada orang yang kehilangan pekerjaan, supaya gak ada orang yang pulang kemalaman trus gak dapet angkutan… Supaya gak ada orang yang kebingungan harus naik apa, harus turun di halte apa (kalo naik 46 kan bisa turun di mana aja…hehehe)
Dan supaya aku dapat menikmatinya lagi…. ^^

Always love 46….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s