Bebaskan aku..

Biarkan aku bebas, memilih apa yang kuinginkan…
Menjalani segala hal yang ingin kujalani…
Aku bukan anak kecil lagi! Usiaku sudah lebih dari seperempat abad. Dan aku tahu mana yang baik, mana yang buruk. Aku juga tahu semua aturan, norma dan etika yang tak boleh kulanggar…

Biarkan aku melangkahkan kakiku dengan ringan. Mendengarkan suara kicau burung, memandangi hewan-hewan yang sedang bercanda kala pagi… menyapa semua orang yang setiap pagi tak lelah menebarkan senyum…
Biarkan aku bercanda tawa dengan mereka. Kamu pikir mereka berbahaya, tapi asal kau tahu, setelah sekian tahun bergaul bersama mereka, mereka tak pernah sekalipun tak menjagaku. Tahu apa kau tentang mereka?
Jangan kurung aku dalam mobil berAC. Aku manusia bebas.. inilah alasan aku bertahan… dan inilah yang tetap menjagaku untuk tetap waras…

Jika kau membebaskanku, aku yakin aku bisa lebih ringan menjalani hari-hariku. Jangan berdalih kau mau melindungiku. Selamanya kau tak akan pernah bisa memahami prinsip hidupku.
Tak usah kau berikan aku jabatan dan kemewahan. Cukup berikan aku kebebasan untuk memilih apa yang aku inginkan dalam hidupku. Cukup 8 jam saja kau mengikatku, 16 jam lagi, biarkan aku bebas menjadi diriku.. aku tahu kapan aku harus tetap berjaga untuk kepentinganmu. Aku rasa aku tak pernah pergi meninggalkan tanggung jawabku. Saat ada hal yang harus aku selesaikan, apakah aku meninggalkannya begitu saja?

Kau hanya bisa memberi bayaran untukku. Tapi kau takkan bisa membeli kebebasanku… bukan ini caramu untuk membuatku nyaman.


Leave a Reply

