Kamu disana…

Hari ini, kita bertemu lagi…

Sempat khawatir, bahkan sempat tak berani menemuimu,,

Begitu gugup, dan takut, takut luka itu terbuka lagi…

Semua ini karena luka masa lalu di hatiku yang belum pulih..

Mungkin kamu pun masih menyimpan luka atas kesalahanku…

Namun kau menyambutku di pintumu, dengan senyum, dengan keramahan, seperti dulu, saat semuanya masih begitu indah.. 

Kau merangkulku, menyentuh kepalaku, seperti yang kau selalu lakukan dulu…  12 tahun yang lalu…

Kata maaf itu terkumpul di mulutku, tak bisa kulontarkan mekipun aku sangat ingin mengatakannya. Aku ingin katakan aku menyesal atas sifat kekanak-kanakanku waktu itu. Aku ingin katakan aku mau mulai dari awal lagi… Tapi aku tak berani katakan..

Tatapan matamu yang begitu ramah, candaanmu yang begitu hangat, pelukan hangatmu, semua seolah meyakinkanmu, bahwa kau sudah memaafkanku dan melepaskanku dari rasa bersalahku…

Meski semua tak akan sama lagi, dan kita tak bisa sedekat dahulu, namun aku telah melihat bahwa kesalahan dan kepedihanku di masa lalu telah memberikanku banyak pelajaran yang berharga. 

Bahwa duri dalam persahabatan bukanlah alasan untuk pergi dan menjauh.

Bahwa pemaafan dan pelepasan adalah jalan terbaik untuk memperbaiki suatu hubungan.

Bahwa bersahabat tidak sama dengan menggenggam erat dan tak melepaskan. Membebaskan adalah cara terbaik untuk menjaga persahabatan..

Bahwa waktu bisa menyembuhkan luka di hati..

Bahwa masa lalu bukan untuk diratapi, namun masa lalu adalah hal pembelajaran, agar kesalahan yang pernah terjadi tak terulang lagi…

Dan bahwa aku masih begitu menyayangimu… dan aku tahu, bahwa luka di hatiku sudah pulih. Meskipun pikiranku masih mengulang memori di masa itu, namun mereka tak membawa air mata lagi. Hari ini, hanya senyum saja yang tampil di wajahku,…

Terima kasih untuk hari ini… Aku tak akan melupakan kehangatanmu hari ini…

Semoga selamanya aku selalu mendapat tempat di hatimu.

 

 


Leave a Reply

