(Seperti) Pulang ke Rumah….

Tadi pagi, aku mengikuti Perayaan Ekaristi dalam rangka 50 tahun Paroki St. Fransiskus Asisi Sukasari, sekaligus pemberkatan bagi altar, tabernakel, mimbar dan patung-patung baru. Yap, karena panti imamnya diperbaharui, saya merasa pangling ketika masuk ke dalam gereja…

Namun, masuk ke gereja ini tak urung membawa saya untuk bernostalgia ke masa lalu. Bagaimana tidak, selama 11 tahun kehidupan saya, saya telah menjadi separuh warga paroki ini… Hehehe,,, bingung ya? Begini loh… Dari TK hingga SMP, saya bersekolah di Sekolah Mardi Yuana 2 (sekarang Mardi Waluya) yang adalah bagian karya pendidikan di paroki ini. Padahal keluarga saya berdomisili di area yang masuk dalam karya Paroki Katedral. Nah, jadilah saya separuh warga Fransiskus Asisi…

Saya menerima 2 dari 3 sakramen inisiasi saya di gereja St Fransiskus Asisi, yakni Komuni Pertama pada tahun 1995 dan Krisma pada tahun 1998. Pengakuan Dosa saya yang pertama terjadi tahun 1995 di Kapel St Maria Fatima Bondongan. Keterlibatan saya dalam hidup menggereja dimulai disini. Diawali dengan Legio Maria pada tahun 1998 dalam Presidium Perawan yang Setia Bondongan, dan Koor Sekolah pada tahun 1995 dan 1999-2000. Disini juga saya belajar menjadi tata tertib kolektan, belajar menjual lilin paskah, belajar membersihkan kapel, mengenal sakristi, dan bergaul dengan para aktivis gereja. 

Bahkan saya masih ingat, pada bulan November 1999, saya ikutan nimbrung dengan Mudika Paroki untuk ziarah ke Rangkasbitung dan rekreasi ke Anyer. Dan pada malam tahun baru yubelium baru tahun 2000, saya bergabung dengan Mudika Paroki begadangan di area Sekolah Mardi Yuana Sukasari. Dan itulah akhir keterlibatan saya di Paroki ini… Sejak masuk SMA, saya kembali menjadi warga Katedral secara utuh…

Jadi, kembali kesini serasa pulang ke rumah… Rumah keduaku selama 11 tahun,,, 


Leave a Reply

