Kicauan Seorang Jomblowati : Jatuh Cinta dan Galau

Mereka bilang itu tanda cinta… Ketika kau mengajakku hunting kado untuk acara Natal bersama. Ketika kau memandangku dengan senyum yang hangat. Ketika kau merangkul bahuku saat aku menahan tangis… Hingga akhirnya tangis itu pecah dari dadaku. Ketika kau mengusap-usap punggungku saat mereka mengejutkanku… Ketika kau duduk di sampingku, meskipun kursi ayunan itu begitu sempit untuk kita berdua. Ketika kau berkata : “kalau kamu datang, aku juga datang…” Ketika kamu membawakan tasku yang berat. Ketika kamu membantuku memakai sweater. Ketika kamu dengan sabar mendengarkanku bercerita dan berkeluh kesah. Ketika kamu menggorengkan telur untukku, saat aku tak sempat makan malam. Ketika kamu mengirimkan banyak pesan singkat yang selalu membuatku tersenyum. Ketika kamu memayungiku dan berjalan bersamaku di bawah hujan. Ketika kamu memegang erat lenganku saat aku hampir terjatuh. Ketika kita berdiri bersanding dan berfoto berdua saat kamu wisuda, dan pada saat wisudaku. Ketika kamu memandangiku dalam diam, dan kemudian tersenyum simpul saat aku menyadari pandanganmu itu. Ketika kamu selalu bersedia meluangkan waktu, ketika aku meneleponmu hanya untuk meminta tolong karena komputerku bermasalah…

Mereka bilang ada sesuatu yang istimewa di antara kita… Ketika kita datang berdua ke resepsi perkawinan sahabat kita. Ketika tertulis kata “mami” dan “papi” pada salah satu pesan singkatmu. Ketika kita merencanakan untuk pergi ziarah bersama. Ketika kamu mengeluh tentang statusmu yang masih sendiri. Ketika kamu berkata “jangan khawatir, Tuhan menyimpanmu untuk seseorang yang spesial..” Ketika kamu bilang mau menjemputku, saat aku bilang aku tak tahu jalan. Ketika akhirnya aku sadar bahwa kamu membaca postingku di milis, dan memantau apa yang tertulis di wall facebookku.

Dulu aku tak pernah merasakan itu. Kini aku merasakan, namun aku tak yakin. Apakah yang aku rasakan ini memang nyata? Atau apakah aku terlalu berharap? Apakah yang aku rasakan saat ini adalah memang respon dari sinyal yang kau kirimkan? Apakah aku boleh merasakan lagi jatuh cinta? Kepadamu? Seseorang yang dulu selalu di sampingku, dan tak pernah sekalipun mengecewakanku. Walau aku baru menyadarinya saat kamu jauh… Aku tahu aku terlambat, namun masihkah ada kesempatan untuk memulai lagi dari awal?

Yang aku tahu, jatuh cinta itu menyenangkan, mendebarkan, dan membuat semangat. Aku masih bisa merasakan perasaan berdebar itu saat aku bercakap denganmu di dunia maya, dan saat aku menyebut namamu. Namun mengapa aku merasa begitu khawatir? Mengapa setiap aku berpikir tentangmu aku merasakan ketakutan? Aku takut kamu akan menjauh lagi, hingga aku begitu berhati-hati atas segala yang kulakukan dan kukatakan. Aku khawatir, perasaan ini hanya aku yang merasakannya sendiri. Aku takut diriku dan hatiku sedang menimbun harapan palsu. Aku tak ingin suatu hari nanti aku harus kecewa lagi. Aku tak siap untuk menghubur harapanku lagi, dan harus menunggu lagi seseorang yang lain dalam hidupku. Aku takut rasa cinta ini hanya akan menyakitiku saja. Kita sama-sama tak muda lagi, dan aku merasa tak siap untuk patah hati lagi saat ini.

Ingin sekali aku jujur mengatakan, bahwa aku mengharapkan dirimu bisa menjadi bagian dalam hidupku. Ingin sekali aku berharap dirimu adalah jawaban atas doaku. Ingin sekali mendengar kata cinta itu terucap dari bibir kita. Dan aku ingin sekali mengatakan bahwa saat ini aku merindukan dirimu…

Andai aku bisa mengetahui apa yang ada di dalam hatimu, andaikan aku bisa melihat perasaanmu. Mungkin aku akan bisa memutuskan, apakah aku harus menunggu…atau, haruskah aku memutuskan untuk pergi menjauh sekarang juga? Sebelum perasaan bahagia ini berubah menjadi pisau yang akan menusuk hatiku, dan sebelum rasa cinta ini terkoyak oleh tangisan sedih.

Apakah yang mereka katakan itu benar?

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s