Sebuah Rumah Berjendela Lima : Jendela Kedua

Aku ingin bertutur tentang jendela kedua dari sebuah rumah berjendela lima..
Rumah itu berdiri teguh di tengah kota, memiliki lima jendela yang berukuran sama.
Kelima jendela itu dulunya terlihat dengan jelas dari jalan raya, namun kini tertutupi dengan pepohonan yang merambat.
Hingga kau harus berhenti sejenak, mencari sudut yang tepat, untuk bisa mengamati jendela kedua.

Entah mengapa aku selalu ingin memandangi jendela kedua itu.
Padahal ia tak berbeda dengan jendela yang lainnya.
Kayu-kayunya sudah sama tua dan mulai melapuk.
Warnanya yang kuning muda berbingkai coklat pun sudah mulai kusam dan pudar.
Namun setiap aku melewati rumah itu, jendela kedualah yang selalu membuatku berhenti sejenak.
Sekedar menjulurkan kepala, mencari posisi yang tepat, memandangnya sejenak, untuk kemudian berlalu meninggalkannya.
Dan jendela kedua itu begitu hebat.
Ia bisa membuatku tersenyum, bisa membuatku mengerutkan kening, bisa membuatku bertanya-tanya, dan juga bisa membuatku khawatir..

Ketika ia terbuka. Aku tersenyum bahagia.
Ketika ia tertutup,
Ketika tak ada pendaran cahaya di baliknya. Aku bertanya-tanya.
Aku khawatir.
Apakah saatnya sudah tiba?

Tanpa pernah ia bicara, aku tahu suatu hari ia akan tertutup, tanpa ada yang membukanya..
Mungkin untuk beberapa bulan, mungkin beberapa tahun, dan mungkin juga selamanya..

Tanpa pernah ia bersuara, ia memintaku untuk menyimpan semua kenangan tentangnya..
Mengabadikan setiap detik, ketika aku memandangnya terbuka..
Membingkai setiap waktu, ketika aku berdiri di depannya..

Hingga ketika hari itu tiba,
Ketika ia tak dibuka lagi,
Ketika tugasnya telah usai ditunaikan,
Aku masih tetap bisa tersenyum setiap melaluinya..
Aku tak khawatir lagi saat memandangnya tertutup..
Karena aku punya segudang kenangan tentangnya di dalam benakku…

Mungkin suatu hari ia akan terbuka lagi..
Namun segalanya pasti tak akan terasa sama..
Karena ini tak hanya tentang sebuah jendela..


Leave a Reply

