Haruskah Pergi?

Kamu bilang kamu tak bahagia,
Kau jelaskan semua hal yang membuatmu tak bahagia.
Kau bilang semua ini membebani hidupmu,
Sejak kau membuka mata, hingga kau beranjak terlelap..

Aku tak pernah sadar kau menanggung semua ini sendirian..
Aku tak pernah menyangka hingga kau katakan semua..

Lalu kau memutuskan untuk pergi..
Aku tak bisa menahanmu, atau meyakinkanmu,
Meskipun kau tak pergi, mungkin hatimu sudah tak disini..
Percuma saja.

Aku bertanya, “Would you give yourself a second chance?”
Siapa tahu hari esok membawa sesuatu yang membuatmu kembali bahagia,
Siapa tahu kamu menemukan alasan untuk tidak pergi.

Sesungguhnya pertanyaan itu aslinya berbunyi, “Jangan pergi..”
Sesungguhnya pertanyaan itu aslinya berbunyi, “Jika kamu pergi, aku juga akan pergi..”

Aku tertawa, kamu tertawa,
Semua itu memang bukan tentang kita,
Tapi tentang kamu, tentang aku, dan tentang mereka..

Lalu kamu berkata, “I will give a second chance..”
Meski kau tambahkan sejumlah persyaratan,
Yang kusadari tak akan bisa terpenuhi.

Kukatakan, “Aku mengerti..”
Aku disini. Katakan, kisahkan, ceritakan semua yang membebanimu..
Meski aku tak punya solusi apapun untuk itu.
Namun semoga bisa mengangkat sebagian beban itu.

Ketika perbedaan tak dapat disatukan,
Dan prinsip tak bisa dikompromikan.
Apa lagi yang bisa menahanmu disini?
Hatimu sudah pergi,
Jauh, sebelum kau sempat menyadari..

Kamu bilang semua ada batasnya..
Kamu bilang tak ada kata “selamanya”..

Jika nanti kau pergi..
Bolehkah aku menunggumu kembali,
Di titik ini?

*Curahan hati seorang sahabat di bawah derai hujan yang tanpa ampun dan disertai genangan air yang merendam kaki..


2 thoughts on “Haruskah Pergi?

Leave a Reply

