Saat-Saat Seperti Ini…

Empat hari ini adalah hari yang sangat sempurna.. Sempurna bikin senewen..

Mulai dari audit customer, deadline yang mengejar-ngejar,  dapet limpahan kerjaan dadakan, ngadepin orang-orang yang bikin esmosi jiwa, handphone yang sering mati tanpa sebab, sampe google chrome yang selalu shut down mendadak.

Semuanya pas banget jadi alasan untuk marah dan marahin orang. Untung saja hari-hari PMS dan tanggal merah sudah berlalu..

Tapi… Saat-saat seperti ini, mendadak saya sadar bahwa segila apapun hari yang saya lalui, selalu ada banyak alasan untuk tersenyum. Suer…

Dan saat hari ini hampir berakhir, saya terkejut mendapati diri saya yang masih bisa tertawa dan cengar-cengir sendiri. Padahal belum sampai dua jam yang lalu saya harus menelepon orang yang ketus banget.

Saat-saat seperti ini, entah bagaimana caranya Tuhan mengirimkan banyak orang-orang yang baik dan ceria di sekeliling saya. Jadi meskipun ada banyak orang yang menyulut emosi, ada banyak juga orang yang selalu bisa menarik sudut bibir saya supaya bisa tersenyum manis, bahkan tertawa terbahak-bahak.

IMG-20160427-WA0020
Salah satu hal yang bikin saya tertawa ngakak hari ini : Jadi foto model untuk promosiin kaos kaki jualan temen

Sebuah email dari seorang teman di seberang pulau memberikan penghiburan yang amat berarti ketika saya berulang kali harus memperbaiki kesalahan dalam tugas-tugas saya. Kok bisa pas banget ya, dia kirim email pada saat saya sedang kusut banget. Lalu muncul seorang kawan lainnya yang mengirim whatsapp memberikan semangat dan mengingatkan saya untuk jaga kesehatan. It’s soooo simple.. Tapi sangat berarti.. It made my day… :’)

Dan.. dalam kekacauan ini saya beruntung sekali bisa bekerja dengan orang-orang yang sangat hebat.. Sangat menginspirasi. Mereka mungkin lebih pusing dari saya dan menghadapi masalah yang jauh lebih berat dari yang saya hadapi. Tapi, mereka selalu siap menjawab pertanyaan saya, kapanpun saya bertanya. Mereka bisa meninggalkan kesibukan mereka sejenak untuk membantu saya (yang kadang ngelunjak banget), plus nggak pake emosi. Mereka menunjukkan pada saya bagaimana seorang pemimpin harus bersikap.

Ketika suasana hati sedang suntuk, kita akan cenderung berjalan sambil menunduk. Coba deh sekali-sekali untuk berjalan sambil menatap langit meskipun lagi bete dan mumet, karena biasanya ada sesuatu yang memukau disana. Langit yang biru bersih, atau gugusan awan dengan bentuknya yang unik, hingga warna langit yang membuat kita bertanya-tanya, “Tuhan pakai cat warna apa saja ya untuk bisa menjadikan warna seindah itu?” Saya sering merasa bahwa Tuhan sedang berupaya membuat saya tersenyum dengan menunjukkan saya keindahan seperti itu.

Percaya ngga percaya, pemandangan matahari terbenam saja sudah lebih dari cukup untuk mengobati hati yang galau, dan warna langit sesudah senja bisa memberikan sebuah pemahaman tentang rasa syukur.

20160424_180043

Akhirnya saya sadar, ketika saya mau melihat keluar diri saya, segala masalah yang saya hadapi menjadi tak ada apa-apanya. Ketika saya menemukan satu alasan untuk mengeluh dan marah, Tuhan pasti memberikan lebih dari satu alasan untuk tersenyum.

Hari ini, hape saya masih mati mendadak, google chrome masih shutdown ngga jelas (bahkan selama nulis catatan ini saja si chrome udah mati lebih dari sepuluh kali), deadline masih mengejar-ngejar, kerjaan masih belum seluruhnya selesai, dan saya masih juga belum bisa mengirim whatsapp pada seseorang sekadar untuk menanyakan kabarnya.

Tapi.. saya masih bisa menarik nafas panjang dan menghembuskannya dengan keras, mengucap sepatah doa, lalu melanjutkan pekerjaan yang belum selesai sampai saat ini (bahkan mungkin sampai besok).

Dan yang paling penting hingga detik ini Tuhan masih memberikan saya banyak alasan untuk tersenyum dan cengar-cengir (sendiri).

Selamat malam. Jangan lupa bahagia ya…

img-20160223-wa0000.jpg

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s