Uncategorized

Somewhere Down The Road

“Ternyata dunia sempit ya…  Bisa ketemu kamu di Berau…  Pas aku juga tugas di berau. Tuhan punya rencana.”

Berkali-kali aku membaca ulang pesan itu dan berkali-kali pula aku memutar ulang adegan saat pertama kali kami berjumpa di gereja St. Eugenius de Mazenod, Tanjung Redeb – Berau.

Awalnya aku tak ada rencana untuk singgah di Berau, namun akhirnya Berau ada dalam schedule kunjunganku. Nyaris pula aku tak berjumpa dengannya karena perubahan jadwal flight. Dan semestinya aku tak berjumpa dengannya karena kami tak saling kenal dan tak terlibat satu sama lain. Tapi sungguh betul yang ia katakan : “Tuhan punya rencana”.

Petang itu, ia duduk di pojok belakang gereja dan aku melewatinya. Seseorang memperkenalkanku padanya dan dalam waktu yang amat singkat kami akhirnya menemukan satu benang merah dalam kehidupan kami : Bogor.

Kisah tentang Bogor (dan segala isinya) itulah yang mengalirkan interaksi kami hingga kini. Kami pernah tinggal di kota yang sama dalam suatu periode yang tak pernah kami sadari. Mungkin kami pernah bersua.. Ya mungkin saja..

Perjumpaan kami membuka kembali jalinannya dengan orang-orang yang pernah hadir dalam hidupnya. Benar yang ia katakan : “Tuhan punya rencana”

Bukan sebuah kebetulan kami dipertemukan di tempat yang tak pernah kami rencanakan, dan pastinya juga tak pernah kami bayangkan.

Pesan yang ia kirimkan padaku tentang “Dunia itu sempit dan Tuhan punya rencana” membuatku mengenang momen pertama perjumpaanku dengan banyak orang. Orang-orang yang terus berinteraksi denganku dan menyentuh hidupku, meski ada pula yang hanya singgah sejenak tanpa kesan. 

Meski kadang aku bertanya, “Mengapa aku dipertemukan dengan orang-orang ini?”, Namun akhirnya aku tiba pada sebuah rasa syukur. Aku tak dipertemukan dengan mereka hanya karena sebuah kebetulan, tapi Tuhan yang mengirim mereka untuk campur tangan dalam hidupku : masing-masing dengan caranya yang unik. 

4 thoughts on “Somewhere Down The Road”

  1. Yah Tuhan selalu punya rencana. Dan semua rencana-Nya pasti indah. Walau kadang-kadang manusia memaknai dengan cara berbeda 🙂

Leave a Reply

