Uncategorized

Catatan Akhir Tahun

Seorang sahabat baru saja kembali setelah menjalani 30 hari retret Latihan Rohani St. Ignatius Loyola. Seperti seorang agen MLM, ia membuka tasnya dan menunjukkan bahan retretnya yang nyaris setebal skripsiku. Ia lalu menyodorkan dua lembar dari tumpukan itu kepadaku. Day 4 : Principle and Foundation (The Spiritual Exercise n. 23) Aku membaca perlahan apa isi… Continue reading Catatan Akhir Tahun

Advertisements
My Journey...

Kembali ke Manila – See You Again

Hari terakhir di Manila adalah hari penuh rencana bagi saya dan Frater. Bahkan saking banyaknya, kami berencana memulai hari pada pukul 2 pagi, yang nggak mungkin direalisasikan.. haha. Jadi begini, sebelum mengikrarkan kaul kekal, para frater SSCC Indonesia terlebih dahulu mesti menjalankan masa formasi di Cainta selama 6 bulan (plus retret dan program lainnya) bersama… Continue reading Kembali ke Manila – See You Again

My Journey...

Kembali ke Manila – Hari Kedua

Salah satu kekhawatiran saya ketika travelling adalah kedatangan tamu bulanan. Dan ternyata bulan sungguh datang tanpa diundang pada pagi hari kedua. Untungnyaaaa... ada 7 Eleven di sebelah hostel yang buka 24 jam. Fyuhhh... Semoga saja tamu ini tak mengganggu aktivitas padat hari ini. Pukul 6 lewat sekian menit saya sudah di atas tricycle menuju stasiun… Continue reading Kembali ke Manila – Hari Kedua

My Journey...

Kembali ke Manila – Hari Pertama

Dua kali sudah saya menjejakkan kaki di Flilipina, dan dua kesempatan tersebut muncul karena niat untuk mengunjungi seseorang disana. Alias silaturahmi sambil travelling, eh atau travelling sambil silaturahmi ya? Hehehe Lima setengah tahun lalu, saya mengunjungi Sr. Angel, FMM di Sariaya. Perjalanan yang merupakan perpaduan sempurna dari “nekad”, “pengen tahu”, dan “mumpung ada teman disana”.… Continue reading Kembali ke Manila – Hari Pertama

My Journey..., Uncategorized

Salamat Po, Kuya Richie

“Mbak, Kuya Fernando pasti seneng banget tuh dikunjungin Mbak..” (Kuya adalah panggilan untuk kakak laki-laki dalam Bahasa Tagalog) “Hehehe, Frater... Justru aku yang seneng banget bisa mengunjungi Kuya disini lho..” “Tadi minta didoain apa sama Kuya, Mbak?” “Ngga minta apa-apa Ter, cuma kenalan aja.. Masak baru pertama kali datang malah minta ini itu.. hahaha” Sejak… Continue reading Salamat Po, Kuya Richie