Satu Foto Sejuta Cerita

Satu Foto Sejuta Cerita : Pintu Nirmala

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nirmala berarti tanpa cacat cela, bersih, suci, tak bernoda.

Jujur.. saya bingung (pakai banget) memilih foto mana yang paling cocok untuk tantangan ini. Kata “Tak Bernoda” langsung membuat saya teringat pada sosok Bunda Maria. Tapi.. ah.. rasanya terlalu mainstream.

Ketika saya membolak-balik galeri foto di handphone untuk kesekian kalinya, saya menemukan foto ini.

Pintu??

Iya betul.. itu adalah foto sebuah pintu dari jaman baheula.. tepatnya dari abad ke-17. Wow banget kan?!

Pintu ini dulunya berfungsi sebagai pintu biara Ordo Santo Agustinus yang terletak di Intramuros – Manila. Setiap melewati pintu ini, para biarawan Agustinian (begitu mereka dipanggil), diingatkan bahwa mereka mesti hidup bersama dalam semangat mengasihi satu sama lain. Oleh karena itu, pintu ini dinamakan

The Door of Love“.

Setelah melalui sejarah yang panjang, termasuk melewati berbagai bencana alam dan perang, bahkan sempat dijadikan tempat interniran oleh pasukan Jepang dan mengalami hujan bom pada 1945, komplek biara dan gereja San Agustin masih tetap berdiri tegak, termasuk pintu ini yang masih utuh seperti semula. Sejak tahun 1973, kompleks biara diubah fungsinya menjadi museum yang kini kita kenal sebagai Museum San Agustin, salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Manila.

Meskipun ia pernah menjadi saksi bisu kekejian Jepang pada masa Perang Pasifik serta menyaksikan begitu banyak kekejaman dan pembunuhan pada masa itu, namun ia tetaplah “The Door of Love”. Ia tetap berdiri tegak dalam optimisme bahwa cinta akan menghentikan perang, dan cinta akan menghentikan kekerasan.

Kini ia menjadi pintu masuk utama menuju Museum San Agustin. Pintu ini mengundang setiap pengunjung yang melewatinya untuk meninggalkan segala kebencian dan membuka hati untuk mencinta. Alias, sebelum memasuki pintu ini, hati kita diharapkan dalam keadaan nirmala : bersih dan suci.

Jadi boleh lah ya, saya menyebut pintu ini sebagai “Pintu Nirmala”… 😊

Pos ini sebagai tanggapan atas challenge yang kami, Cerita Riyanti, A Rhyme In My Heart, dan saya, ciptakan sebagai pengganti Weekly Photo Challenge dari WordPress, yang untuk tahun 2019 minggu ke-2 bertemakan Nirmala, agar kami berdua terpacu untuk memposting artikel di blog masing-masing setiap minggu. Jika ada sahabat pembaca mau ikutan tantangan ini, kami berdua akan senang sekali…

8 thoughts on “Satu Foto Sejuta Cerita : Pintu Nirmala”

  1. waduh, udah diposting… aku malah ndak punya ide mau cerita apa… hahaha… emang enak cari ide, abis itu bingung mau nulis apa… hahaha…

    kayaknya aku harus ke Manila lagi ya Na, waktu itu karena kesananya barengan orang2 biz, jadi gak bisa kemana2, mana ada misa di katedralnya, jadi makin mepet, jadinya walau udah ke intramuros tapi aku belum ke’sana’ secara hati (bingung kan?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s