Satu Foto Sejuta Cerita

[Satu Foto Sejuta Cerita] Twelve Years and Still Counting

Edisi foto terniat : kami sengaja foto-foto di belakang ruang office untuk tantangan Satu Foto Sejuta Cerita minggu ini.

Mereka berdua sudah berkenalan sejak 22 tahun yang lalu. Baru 12 tahun yang lalu saya muncul di tengah-tengah mereka sebagai anak baru yang masih unyu.


Yang kiri namanya Bu Hastha sedangkan yang kanan bernama Bu Tati. Saat saya muncul di pabrik ini, mereka sudah jadi senior Quality Assurance yang udah jauh kemana tau. Tapi dengan rendah hati mereka menerima saya, mengajari anak ingusan ini, dari yang nggak ngerti apa-apa sampe sekarang udah nggak ingusan lagi. πŸ˜…

Karena kami satu departemen, maka bisa dibilang kami hampir selalu bersama-sama. Gak cuma di tempat kerja tapi juga saat makan siang dan istirahat di loker. Dan karena hanya kami bertiga sebagai wanita di departemen QA dan tetangga-tetangga sekitarnya, maka kami selalu jadi yang paling berisik dan jadi supplier snack. πŸ˜†

Kebersamaan kami di QA hanya dua tahun karena Bu Hastha pindah ke departemen lain, meski akhirnya sekian tahun kemudian kami kembali bersama lagi dalam satu ruangan meski beda departemen.

Kembali bersatunya kami (dan lagi-lagi kami hanya bertiga di tengah para pria) membawa suasana khas di ruangan kerja kami : ramai, banyak makanan, serung ngerujak bareng, ngegosip, narsis, dan demen difoto. Oh ya, satu lagi, kalau sedang bad mood kami bisa sama-sama jadi galak dan ngomel bareng-bareng. πŸ˜‚πŸ˜‚

Ketika di luar sana sedang ramai dengan isu sensitif pilkada or pilpres, kami anteng-anteng saja. Ketika ramai isu tentang agama ini atau itu, kami juga ga mau pusing. Kami tetap makan sama-sama, curhat sama-sama, kerja sama-sama, ngegosipin orang sama-sama, belajar craft sama-sama, dan ngomelin orang juga sama-sama. Hihihi.

Saya juga banyak belajar dari mereka ini. Belajar sabar dari Bu Tati, belajar kreatif dari Bu Hastha. Mereka berdua juga mengajarkan saya supaya bisa “jadi cewek dikit”. Sayangnya mereka belum berhasil belajar dari saya tentang bagaimana tidur nyenyak dengan menempelkan kepala di meja kerja. πŸ˜‚πŸ˜‚

Saya nggak pernah merasa berbeda di tengah-tengah mereka berdua yang berjilbab. Mereka juga nggak pernah membeda-bedakan saya. Kami selalu nyaman saat bersama dan tahu batas masing-masing. Saat mereka puasa, mereka malah nyuruh saya makan karena paham banget si gembul ini paling gak kuat nahan lapar.

Beberapa tahun yang, saat sedang ramainya kasus pilgub Jakarta, lalu saya pernah ditanya begini oleh seorang kawan, “Kamu gak apa-apa kerja jadi minoritas di pabrik?”

Saya bingung mau jawab apa. Memang sih ada banyak oknum di pabrik yang menjadikan isu itu sebagai bahan bakar. Tapi ruangan kami termasuk ruangan yang suasananya cukup kondusif meskipun perbedaan sudut pandang tetap ada. Kami semua paham bagaimana menahan diri supaya suasana kerja tetap terjaga baik. Apalagi saya dikelilingi oleh sahabat-sahabat hebat ini. Kalaupun kami sampai bertengkar atau diem-dieman, sudah pasti masalahnya bukan karena agama atau politik, tapi gara-gara stress dikejar deadline kirim produk or gara-gara saya kebanyakan minta analisa sample. Oh atau karena ada yang ulang tahun atau mudik tapi gak bawa makanan ke pabrik. Hahahaha.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kita satu keluarga, saling dukung saling percaya.
Kita satu keluarga, saling butuh di dunia ini.

(Kita Satu Keluarga – Buddha Tzu Chi)


Posting ini sebagai tanggapan atas challenge yang kami, Cerita Riyanti, A Rhyme In My Heart, dan saya, ciptakan sebagai pengganti Weekly Photo Challenge dari WordPress, yang untuk tahun 2019 minggu ke-42 bertemakan Satu agar kami berdua terpacu untuk memposting artikel di blog masing-masing setiap minggu. Jika ada sahabat pembaca mau ikutan tantangan ini, kami berdua akan senang sekali…

4 thoughts on “[Satu Foto Sejuta Cerita] Twelve Years and Still Counting”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s